Ayam Hias Poland/ Jambul/ Mahkota

Di beberapa negara, ayam poland sering disebut dengan nama padua chicken atau polish Chicken. Meski ada embel-embel Polish atau Polandia, ayam ini bukan dikembangbiakkan di negara tersebut.
Banyak yang berspekulasi mengenai asalmula ayam poland. Ada yang mengatakan berasal dari  kawasan timur Eropa, terutama Russia, dan ada juga yang menganggap ayam tertua dari jenis ini berasal dari Belanda.



Satu-satunya referensi paling tua yang ditemukan hanya berupa patung ayam berjambul di Vatikan, dan penggalian arkelogi Romawi di selatan Inggris menemukan tulang tengkorak unggas yang mirip tengkorak ayam unik ini.

Apa yang menjadikan unggas ini unik adalah bulu-bulunya yang rapi seperti disisir, juga jambul di kepalanya yang unik dan bisa dikembangkan dengan beragam bentuk. Di beberapa negara, unggas berbulu lembut ini dipelihara sebagai ayam kontes / ayam hias.

Bentuk jambulnya memang nyentrik. Ada yang berbulu panjang mirip rambut anak-anak metal, ada juga yang jambul keriting bahkan kribo. Saking uniknya, banyak selebritis yang disamakan dengan ayam ini karena memiliki gaya rambut yang mirip. Gaya rambut para seleb yang dikait-kaitkan dengan ayam poland.






 Sebagai ayam hias, ayam poland jarang dimanfaatkan sebagai ayam pedaging, meski sebenarnya cukup produktif. Sayangnya, ayam poland kurang pandai merawat anaknya. Banyak kasus di mana anakan dibunuh induknya. Oleh sebab itu, para peternak mengantisipasinya dengan menggunakan mesin penetas (inkubator).

Perawatan ayam poland

Merawat ayam poland memang membutuhkan ketekunan, terutama dalam menjaga kebersihan kandang dan selalu memenuhi kebutuhan pakannya. Yang perlu diperhatikan adalah jangan mencampurkannya dengan ayam jenis lain yang tidak memiliki jambul. Selain itu, jangan biarkan ayam ini berkeliaraan di luar kandang, agar jambulnya tetap kering dan bersih.

Jika ingin memberikan tempat pakan dan minumnya gunakan wadah yang besar, pastikan agar jambul ayam tidak mengenainya. Sebab, selain bisa membuat kotor, kotoran yang menempel pada bulu–bulujambulnya bisa mengundang bakteri, jamur, maupun seperti kutu dan tungau.

Kalau kutu dan tungau menyelinap pada jambulnya, dikhawatirkan akan merambat hingga ke lubang telinga, lubang hidung, bahkan mata ayam. Selain itu, debu / kotoran yang menempal pada jambul juga bisa menyebabkan penyakit berbahaya pada mata. Jadi, kalau ingin memeliharanya, Anda harus rajin mengecek kebersihan jambulnya.
Itulah beberapa hal mengenai perawatan ayam poland, si ayam gondrong yang unik dan nyentrik.




Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar