Home » » Ayam Hias Onagadori

Ayam Hias Onagadori


ayam-hias.com
- Percayakah anda jika ada unggas yang memiliki ekor sepanjang 20 kaki? Para peternak dibarat daya Jepang telah membiakkan unggas ini semenjak tiga abad lalu. Seekor ayam yang indah, berevolusi dari jenis ayam domestik biasa, unggas berekor panjang biasanya berwarna hitam dan putih tetapi ada juga yang berwana merah dan hitam atau seluruhnya berwarna putih.orang jepang menamakan Onagadori dari "O" yang berarti ekor, "naga" yang berarti panjang dari "dori" yang berarti unggas. Hanya ayam jantan saja yang bisa memanjangkan ekornya.
Koleksi www.gudangayamhias.com

Saya menjadi tertarik dengan unggas berekor panjang ini saat kunjungan ke Universitas Nagoya tahun 1967, saat itu penelitian mengenai ayam ini sedang berjalan.dengan dukungan dari National Geographic Society,saya kembali lagi ke Jepang bulan april 1970 untuk mempelajari lebih dalam mengenai unggas ini.rencana saya termasuk membawa beberapa telur ayam ini ke Amerika Serikat.penetasan telur yang sukses dapat memberi peluang bagi negara Amerika Serikat memiliki agar memiliki stok bagi penelitian di bidang genetik,pertumbuhan sel,dan proses perubahannya.

Sejarah Ayam Onagadori Di Indonesia
Sabtu pagi 9/3/85 Ibu Tien Soeharto mendapat hadiah cindera mata dari asosiasi peternak ayam onagadori dari Jepang, berupa dua pasang ayam onagadori yang berparas indah. Penyerahan hadiah dilangsungkan lewat sebuah upacara kecil yang sederhana di Istana Merdeka. Sebagaimana dikutip dari Berita Nasional 10/3/85, upacara ini sendiri turut dihadiri pula oleh duta besar Jepang pada saat itu, Toshiaki Muto. Di sela-sela kata sambutannya, Hirose, selaku ketua asosiasi peternak ayam onagadori mengatakan bahwa di Negeri Sakura hingga awal tahun 1985, hanya terdapat 125 ekor ayam onagadori.
http://ayam-onagadori.blogspot.com/

http://ayam-onagadori.blogspot.com/
Dari jumlah tersebut, 45 ekor di antaranya adalah ayam onagadori jantan yang bulu ekornya dapat tumbuh memanjang. Hirose juga menambahkan bahwa ayam onagadori betina sebenarnya tidak boleh dikirim ke luar Jepang, namun karena taraf pengiriman ke Indonesia ini dapat dikatakan setingkat dengan kepala negara, maka hal itu dapat dilakukan. Hampir dua puluh tahun kemudian, yaitu sekitar tahun 2000-an, Taman Burung di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) telah berhasil melakukan penangkaran ayam onagadori dengan baik. Tak hanya itu TMII juga telah mampu mengembangbiakkan 16 jenis spesies ayam asli Jepang yang lain di Indonesia. (st)
http://www.ayam-hias.com/2014/07/ayam-hias-onagadori.html
Ayam onagadori, ayam yang berasal dari jepang ini panjang ekornya bisamencapai 2 meter lebih. Meskipun perawatan ayam onagadori tidak susah, namun perlu diperhatikan lingkungan sekitar supaya ayam ini tidak tarung dengan ayam lain yang bisa merusak ekornya. Butuh waktu minimal 3 tahun untuk bisa mencapai panjang ekor 1 meter lebih.

Harga ayam onagadori masih tergolong tinggi di kelas ayam hias, peternak pun masih jarang sehingga ayam onagadori masih memiliki prospek tinggi untuk diternakan. Harga anakan umur 1 bulan bervariatif antara 500 ribu sampai 2 juta, tentu tergantung dari warna dan indukannya. Onagadori warna putih masih sangat dicari dan digemari.



1 komentar:


  1. Pretty section of content. I just stumbled upon your web site and in accession capital to assert that I acquire actually enjoyed account your blog posts. Any way I'll be subscribing to your augment and even I achievement you access consistently fast. gmail.com login

    BalasHapus